Tahapan penyapihan anak kelinci yang benar


Setelah membahas tentang ciri – ciri kelinci hamil atau tidak rasa tidak lengkap jika kami tidak membuat artikel tentang tahapan menyapih anak kelinci dengan benar. Untuk para peternak senior mungkin tidak ada masalah dengan tahapan menyapih kelinci dengan benar, namun tidak bagi peternak pemula yang masih harus banyak belajar. Maka dari itu kami membuat arikel ini sebagai pedoman bagi para peternak pemula agar tidak terjadi hal tidak diinginkan karena kesalahan dalam menyapih anak kelinci dengan alasan ingin segera cepat – cepat mengawinkan induk kelinci lagi yang dapat berakibat kematian pada anak kelinci disebabkan umur dan daya tahan tubuh masih belum kuat.
Pada umumnya masa kehamilan kelinci adalah antara 30-35 hari namun kadang kala terjadi keterlambatan hingga sampai 38 hari bahkan ada yang sampai 40 hari.
Induk kelinci menyusui_portalkelinci

Anak kelinci umur 1 minggu_portalkelinci
 
Anak kelinci lepas sapih

Saat  kelinci melahirkan, bayi yang dilahirkan dalam keadaan tidak berbulu yang umumnya terlihat kulitnya berwarna kemerah-merahan ketika baru dilahirkan. Bayi kelinci yang baru lahir ini akan menyusu pada induknya 1 sampai 2 kali sehari biasanya diwaktu pagi dan waktu sore atau malam hari. Seiring berjalannya waktu tubuh mereka yang polos perlahan-lahan ditumbuhi bulu-bulu halus hingga seluruh tubuh mereka dipenuhi bulu.

Bayi kelinci biasanya akan mulai membuka matanya pada umur 11 sampai 14 hari tergantung tingkat perkembangan dan asupan susu dari induk kelinci, maka dari itu beri induk kelinci tengan tumbuhan yang dapat melimpahkan susu dari induk kelinci,setelah umur sekitar 25 hari mereka akan mulai memakan makanan yang dimakan oleh induknya. Usahakan rumput yang diberikan adalah rumput yang sudah dilayukan atau rumput teki yang mudah dipotong karena kelinci yang masih kecil sangat senang menggigiti rumput dan memakannya. Disamping itu berikan makanan berupa pelet, karena anakan kelinci juga membutuhkan serat yang tinggi untuk menunjang kesehatan pencernaannya.

Seiring dengan berjalannya waktu mereka akan tumbuh terus hingga menjadi benar-benar mandiri dalam hal makan dan minum. Pada umumnya peternak mulai menyapih atau memisahkan anakan dengan induk kelinci pada usia 35 hari namun akan lebih bagus pada umur 40-45 hari. Penyapihan dilakukan dengan cara memindahkan anakan dikandang terpisah oleh induk dan usahakan memindahkan anakan  kelinci yang baru disapih tepat disebelah kandang induk. Dengan tujuan agar anakan tadi tidak cepat stress ketika dipisah atau disapih karena mereka masih bisa melihat induknya. Hal ini akan berpengaruh pada kondisi psikologis anakan tersebut. Dan lebih lagi baik lagi ketika anda menyapih sekaligus anda langsung memisahkan anakan tersebut sesuai dengan jenis kelaminnya.

Sebenarnya kelinci masih dapat bersama induknya sampai usia 8 minggu tetapi jumlah dan kualitas susu sudah mulai menyusut  pada 6 minggu melahirkan. Tujuannya ialah untuk memaksimalkan nutrisi susu yang diberikan untuk dan untuk perkembangan  yang maksimal. Namun , bila kelinci terlalu lama dengan induk, tentu efisiensi waktu kita juga akan berkurang karena kita memakan waktu yang lama pula untuk mengawinkan lagi kelinci betina tersebut dan akan mengurangin pendapatan kita juga.

Itulah tahapan menyapih kelinci dengan benar agar kelinci bisa tumbuh sehat. Terimakasih atas kunjungannya di blog yang sederhana ini.

0 Response to "Tahapan penyapihan anak kelinci yang benar"

Posting Komentar