cara paling mudah dan ampuh menyembuhkan scabies pada kelinci

Scabies atau dalam bahasa indonesia nya biasa disebut penyakit gudik adalah jenis penyakit pada kelinci yang paling sering ditemukan, sebenarnya penyakit ini tidak terlalu bebahaya walau penyembuhannya sedikit telat. Hanya saja kasian kelinci yang menderita scabies karena akan sering garuk – garuk karena merasa gatal dan juga dapat menjadikan kelinci stres, namun sampai saat ini saya belum menjumpai kelinci yang mati karena penyakit scabies kecuali sudah stadium akhir atau sudah parah banget.
Faktor utama dari timbulnya scabies ini adalah kandang yang jarang dibersihkan atau kotor karena feses, urine dan sisa rumput yang tidak dimakan. Dan pada saat kelinci mulai menggaruk – garuk bagian tubuhnya, kotoran tadi akan menempel dan masuk kebagian yang terluka, itulah awal dari kelinci akan menderita scabies atau gudik Untuk itu selalu jaga kebersihan kandang agar kelinci yang dipelihara tidak terkena scabies. Karena banyaknya pertanyaan yang saya jumpai di beberapa forum kelinci seperti ini :
1. Bagamaimana cara menyembuhkan scabies?
2. Obat alami yang dapat dipakai untuk menyembuhkan scabies pada kelinci apa saja?
3. Scabies atau gudik pada kelinci apakah berbahaya?
Dengan adanya pertanyaan – pertanyaan diatas, maka saya artikel “Beberapa cara paling mudah menyembuhkan scabies pada kelinci” untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan diatas. Dan berikut ini beberapa cara yang dapat diterapkan pada kelinci yang terkena scabies atau gudik, pilih saya satu saja ya.

Ada pun beberapa cara penyembuhannya sebagai :
  1. olesi bagian yang terkena scabies atau gudik dengan salep obat kulit yang dijual pasaran, contoh daktarin atau canesten. kalo takut kelincinya keracunan obat salepnya diencerin sedikit dengan air hangat.
  2. olesi bagian yang terkena scabies atau gudik dengan salep Scabicid Cream di bagian kulit yang terkena scabies tipis dan merata. Harga sekitar Rp.7.500-Rp.25.000.
  3. olesi bagian yang terkena scabies atau gudik dengan campuran alkohol dan minyak tanah. Setelah diolesi harus dilepas diluar kandang selama 4 jam agar tidak strees.
  4. olesi bagian yang terkena scabies atau gudik dengan Minyak Cap Tawon( diapotik banyak). Khasiatnya dalam 2-3 hari rawat rutin, kulit putih akan mengelupas, luka cepat sembuh tanpa rasa perih.
  5. ­­suntik bagian yang terkena scabies atau gudik dengan bivermectin, dosis 0,3ml untuk kelinci dewasa.
  6. suntik bagian yang terkena scabies atau gudik dengan wormectin atau ivermectin (cari diapotik atau penjual obat-obatan untuk ayam), dosis 0,3ml, harga sekitar Rp. 30.000,-.
  7. olesi bagian yang terkena scabies atau gudik dengan salep pipapet (dijual diapotik) secara merata dan tipis-tipis aja.
  8. dibubuhin bedak merk doris atau bedak merk salicyl atau semua bedak yang mengandung salicylicum (bs didapetin di supermarket terdekat) selama beberapa hari di bagian yg terkena scabies.
  9. disuntik dengan avimec/ivomec, dosis 1 ekor kelinci dewasa itu 0,3ml, harga sekitar Rp. 150.000,- perbotol. Cara suntiknya diantara bagian kulit dan daging, dengan cara dicubit kulitnya. bisa dilakukan dibagian belakang leher, punggung, sela-sela di pangkal kaki depan, atau sela-sela di pangkal kaki belakang
  10. dengan delousing yakni shower dengan air yang telah dilarutkan bubuk DDT (Diclhoro Diphenyl Trichloroetan). Pengobatan lain adalah dengan mengolesi salep yang mempunyai daya miticid baik dari zat kimia organik maupun non organik pada bagian kulit yang terasa gatal dan kemerahan dan didiamkan selama 10 jam.
  11. dengan sabun sulfur/belerang karena kandungan pada sulfur bersifat antiseptik dan antiparasit, tetapi pemakaian sabun sulfur tidak boleh berlebihan karena membuat kulit menjadi kering.
  12. dicukur bulunya di sekitar bagian yang kudisan. Cuci lukanya dengan air hangat. Setelah bersih dan di lap kering, olesi luka dengan obat kudis, misalnya salep belerang, Caviam, atau Scabicid Cream. Pengobatan dilakukan setiap dua hari sekali.

Namun ada pendapat lain yaitu bila Kelinci terkena scabies atau gudik harus disingkirkan di kandang isolasi. Bersihkan kandang yang dihuni, lalu disemprot disenfektan (obat pembasmi hama; Asuntal, Neguvan, Notick) dengan cermat. Kandang dijemur dan dibiarkan kosong minimal sampai 15 hari.  Namun cara itu terlalu rumit untuk diterabkan dan kuran efisien karena yang terpenting adalah kelinci yang terkena scabies tidak menyentuh kelinci lain. Untuk masalah kandang bisa di cuci dengan air bersi saja sudah cukup.
Itulah artikel yang saya buat mengenai “Beberapa cara paling mudah menyembuhkan scabies pada kelinci”. Semoga bermanfaat dan mujarab untuk kelinci anda dirumah. Atas kunjungan pada blog ini saya ucapkan terimakasih.


0 Response to "cara paling mudah dan ampuh menyembuhkan scabies pada kelinci"

Posting Komentar