Tips agar kelinci bisa melahirkan tiap 1 bulan 2 minggu sekali


Selamat datang kembali di blog sederhanaku ini, kali ini saya akan membagikan Tips agar kelinci bisa melahirkan tiap 1 bulan 2 minggu sekali namun anak kelinci tetap sehat. Tips ini terbilang nakal dan tidak disarankan oleh para peternak senior namun menurut saya tidak masalah asal asupan makanan dan nutrisi induk bisa tercukupi. Adapun makanan itu adalah :


1.       Pelet kelinci

Sudah jelas bahwa pelet adalah makanan suplemen kelinci yang dapat dibilang sangat baik untuk kesehatan kelinci karena kandungan dari bahan – bahan pilihan yang di racik untuk kebutuhan perkembangan kelinci. Namun pelet hanya untuk makanan sampingan, yang berarti pemberiannya 1 : 3, yaitu dalam sehari 1 kali diberi pelet dan 2 kali diberi sayur / rumput.

2.       Makanan tambahan

Makanan tambahan ini bisa ampas tahu, ampas tempeh dll. Pemberian ini agar kelinci bisa gemuk dan air susu akan melimpah saat menyusui

3.       Sayur mayur

Bukan karena pelet adalah makanan yang baik bagi kelinci berarti pemberian pelet sudah cukup, anggapan itu jelas salah. Karena pada dasarnya kelinci adalah hewan mamalia yang suka makan sayur – sayuran seperti wortel, kol, dan kacang – kacangan. Hal itu diperlukan untuk kesegaran badan kelinci.

4.       Rumput hijau

Tentunya yang terakhir ini juga sangat dibutuhkan oleh kelinci, semua peternak pasti menggunakan rerumputan untuk kelincinya, karena kandungan dalam rumput juga sangat dibutuhkan oleh kelinci.

5.       Air

Beberapa orang menyebutkan air tidak dibutuhkan oleh kelinci karena kandungan air dalam sayur dan rumput hijau sudah lebih dari cukup bagi pertumbuhan kelinci, namun anggapan itu jelas salah. Karena walaupun kandungan air dalam sayur dan rumput sudah ada, kelinci masih membutuhkan air segar untuk diminum. Hal ini di buktikan dengan adanya kelinci yang masih doyan minum walaupun nyatanya tiap hari diberi sayur dan rumput. Maka jangan lupa untuk memberi air yang segar pada kelinci tiap harinya.

Jika lima point itu sudah dilakukan, maka tidak ada salah nya jika kelinci di suruh kerja keras alias ditekan angka melahirkannya. Adapun cara agar kelinci bisa melahirkan tiap 1 bulan 2 minggu sebagai berikut :

1.    Atur waktu sapih anak kelinci


Point kedua peternak harus mempunyai nyali yang kuat, karena anakan kelinci akan disapih saat umur 30 hari saja. Yang standart umum biasanya akan disapih pada umur 40 – 60 hari. Namun solusi agar anak kelinci yang disapih lebih awal tentu harus dengan perawatan khusus mulai dari makan dan kesehatannya. Untuk pakan bisa memakai tips yang sudah saya berikan diatas tadi.

2.    Atur tanggal perkawinan


Yang pertama adalah atur tanggal kawin indukan, bisa memakai hari – hari pertama tiap bulan. Saat kelinci melahirkan beri jarak antara 4-7 hari setelah melahirkan dan langsung kawinkan lagi, karena pada hari ke 2-10 adalah kesuburan bagi induk kelinci dan tingkat birahinya sangat besar. Namun pada saat anak kelinci sudah berumur 14 hari mulailah memberi pakan lebih dari porsi makan kelinci menyusui. Itu berarti 3x lipat makanan yang harus diberikan, karena saat kelinci menyusui didalam perut induk sudah ada janin lagi. Jadi untuk mencukupi nutrisi janin maka porsi makan juga harus ditambah. Dan bisa gunakan dengan tips pemberian pakan diatas tadi tapi jangan lupa tambah porsinya.

3.    Jaga kesehatan anak kelinci

Yang terakhir adalah hal yang tidak kalah penting, yaitu jaga kesehatan anak kelinci yang umur 30 hari disapih tadi, pada malam hari taruh dikandang yang tidak termasuki angin malam terutama hujan. Setelah pagi keluarkan kelinci di luar kandang yang terkena matahari langsung namun juga siapkan tempat berteduh, bisa pepohonan atau buatan sendiri. Namun perhatikan jangan sampai ada predator kelinci yang melihat, seperti kucing, anjing dan ular. Karena kucing akan memakan anakan kelinci apalagi yang masih kecil.

4.    Tetap pakai prosedur penjualan yang baik


Dan yang paling akhir adalah jual anakan kelinci dengan prosedur penjualan yang baik, yaitu tunggu kelinci sudah berumur 60 hari. Hal ini untuk menjaga kemungkinan terburuk anak kelinci mati karena pembeli tidak mempraktekkan point ke 3 diatas, dan jika mati takutnya malah penjual yang akan disalahkan. Hal ini akan berpengaruh pada nama baik anda yang bila terjadi maka pelanggan anda akan berkurang nantinya dan tentu saja pemasukan kita bukan bertambah ntapi malah berkurang.

Itulah Tips agar kelinci bisa melahirkan tiap 1 bulan 2 minggu sekali dan tentunya anak yang disapih masih sehat. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi anda dalam beternak kelinci, salam sukses.
Silahkan share dan copas ke blog kalian jika artikel ini menarik, namun jangan lupa sertakan sumber. Terimakasih.

0 Response to "Tips agar kelinci bisa melahirkan tiap 1 bulan 2 minggu sekali "

Posting Komentar