Cara mudah membedakan jenis kelamin kelinci disaat masih anakan


Disaat kelinci sudah dewasa, sebenarnya membadakan jenis kelaminnya mudah. Tinggal kita angkat saja kelinci yang kita cek jenis kelaminnya apakah jantan ataukah betina, setelah itu jenis kelamin bisa langsung dilihat bila ada testis atau kelenjar telur maka sudah dapat dipastikan bahwa kelinci itu berjenis kelamin jantan. Dan sebaliknya, jika pada bagian kelamin tidak ada testis atau kelenjar telur berati kelinci itu adalah betina. Namun praktek itu tidak berguna pada kelinci yang masih anakan, karena pada bagian kelaminnya sama – sama tidak memiliki testis.

Karena hal itulah tidak jarang para penjual biasanya akan berkata kelinci anakan yang mau dibeli itu adalah kelinci betina atau bisa jantan sesuai yang dicari pembeli agar kelincinya laku. Dan setelah dipelihara beberapa bulan ternyata anak kelinci yang dibeli tidak sesuai pada saat akad pembelian.
Mungkin anda yang sudah berpengalaman memelihara kelinci tentu sudah tidak ada masalah untuk membedakan jenis kelamin kelinci disaat masih anakan, namun tidak untuk pemula atau pembeli yang masih belum berpengalaman sama sekali. Untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan saat membeli kelinci di pasar atau di pinggir jalan, maka saya akan sedikit memberi tau anda sekalian bagaimana cara mudah membedakan jenis kelinci disaat masih muda. Silakan simak penjelas saya berikut ini agar dapat bisa dipelajari dengan satu kali membaca.

kelinci jantan_portalkelinci.blogspot.com



Pada gambar diatas sudah nampak sekali bagi para senior walau tidak saya beri petunjuk, namun tidak untuk para pemula. Dari gambar diatas bisa anda lihat dengan jelas bentuk dan jarak antara alat kelamin dan anus kelinci. Jika kelinci yang akan anda beli seperti gambar diatas maka 100% kelinci itu adalah jantan.
Lalu coba bandingkan dengan gambar alat kelamin kelinci dibawah ini.


kelinci betina_portalkelinci.blogspot.com


Pada penampakan gambar alat kelamin kelinci diatas dapat dilihat juga dengan jelas bahwa alat  kelamin kelinci betina terlihat meruncing seperti bambu runcing dan apabila dilihat dari samping  jaraknya begitu dekat dengan anus. Jika anda mendapati alat kelamin seperti penampakan diatas maka jangan percaya jika penjual ngotot bilang bahwa itu jantan. Karena kelinci tersebut adalah 100% betina.

Dan jangan lupa, saat mau melihat jenis alat kelamin kelinci anakan saat akan melakukan transaksi atau pada hasil ternakan sendiri cara adalah pangku anakan kelinci atau bisa juga angkat kulit dibagian lehernya (jangan angkat kupingnya hal itu dapat membuat kelinci kesakitan)lalu  tarik ekor kelinci ke bagian belakang atau juga bisa tekan di bawah alat kelamin kelinci (lihat gambar dibawah) hingga alat kelaminnya keluar seperti pada gambar diatas.

tekan di bagian belakang alat kelamin_portalkelinci.blogspot.com


Dengan penjelasan diatas sekarang apa anda sudah bisa membedakan jenis kelamin anakan kelinci? Jika sudah tolong tinggalkan komentar ya. Jika menurut anda artikel ini menarik silahkan share ke yang lain atau copas pada blog anda dan besar harapan saya untuk dicantumkannya sumber. Demikian penjelasan saya tentang Cara mudah membedakan jenis kelamin kelinci disaat masih anakan. Terimaksih atas kunjungannya.

0 Response to "Cara mudah membedakan jenis kelamin kelinci disaat masih anakan"

Posting Komentar