Tips memilih kelinci sehat saat transaksi jual beli terjadi


Kelinci adalah hewan mamalia yang paling banyak diminati selain kucing dan anjing, kelinci juga sangat disukai karena tingkahnya yang sangat menggemaskan dan lucu begitu pula dengan ukuran tubuhnya yang mungil menjadi daya tarik sendiri di masyarakat.
Bentuk  fisik kelinci yang sehat umumnya berbadan bulat, dada cenderung lebar, dan daging seperti terlihat gempal atau padat. Bulu terlihat bersih, halus, licin, dan mengilap, dan rapi.
Tidak hanya itu  perilaku kelinci sehat dapat dilihat dari gerakannya yang energik, tidak murung dan tidak terlihat lemas.

Pemilihan kelinci wajib dilakukan untuk mendapatkan indukan yang baik untuk dipelihara, terutama bagi yang serius untuk menjadi peternak kelinci yang sukses. Agar tidak salah dalam membeli kelinci kami akan memberikan tips memilih kelinci yang sehat untuk dipelihara atu diternak, simak baik – baik tips berikut ini :

1. Lihat pada bagian mata. 

Bagian mata kelinci yang sehat akan terlihat jernih, terang,  bercahaya, dan selaput matanya bersih. Lalu pada mata kelini yang tidak sehat mata akan terlihat berair, basah, dan lengket.

2. Bagian hidung dan mulut kelinci.
Setelah itu lihat bagian hidung dan mulut, kelinci yang sehat  kelihatan kering atau kesat dan bersih. Namun jika daerah sekitar organ hidung dan mulut kelinci berair dan kotor, dapat dipastikan kelinci tersebut sedang sakit. Biasanya penyakit yang ditandai dengan gejala seperti itu adalah flu atau pilek kelinci. Maka usahakan jangan membeli kelinci yang hidung dan mulutnya basah.

3. Bagian telinga kelinci.
Pada bagian telinga ini bisa menjadi indikasi kelinci sehat atau sakit. Namun, hati-hati dalam menilainya. Kelinci yang bertelinga bersih, licin, tegak lurus berdiri ke atas menjadi salah satu petunjuk bahwa kelinci tersebut sehat. Sebenarnya, kelinci yang sakit akan terlihat dari kedua telinganya, yaitu tampak turun lurus ke arah belakang dan itu berarti kelinci dalam keadaan stres. Tapi sebagai catatan, ciri-ciri ini tidak berlaku untuk menilai kelinci jenis lop. Karena semua kelinci jenis lop memiliki bentuk telinga yang menjuntai ke bawah.

4. Bagian Leher.
Jika di bagian leher nampak daging yang menggelambir, hal tersebut menunjukkan kelinci dalam kondisi sehat. Bagian daging yang menggelambir tersebut akan tampak di leher bagian depan. Terlihat cembung dan menonjol. Ada yang hanya satu lipatan, bahkan ada juga yang menggelambir dua lipatan. Namun dalam hal ini juga harus berhati – hati, karena kelinci yang menggelambir di bagian dada pun bisa juga dalam keadaan sakit. Hal itu dikarenakan kelinci yang sudah tua juga memiliki tanda daging menggelambir di bagian dada.

5. Bagian Punggung.
Pada bagian punggung kelinci yang sehat, jika diraba dengan tangan dagingnya akan terasa kenyal dan padat atau terasa kokoh merata dari bawah leher hingga ke bagian belakang di atas ekor. Dan sebaliknya, kelinci yang kondisi tidak sehat jika diraba tulang-tulangnya akan terasa ditangan karena kurus.

6. Bagian Kaki.
Pada umumnya kaki kelinci yang sehat terlihat berisi atau gempal (tidak kurus) dan tidak bengkok. Namun jika kaki kelinci yang terlihat bengkok, yakni bengkok ke dalam seperti huruf “O” atau bengkok keluar membentuk huruf “X” menandakan kelinci tersebut kekurangan kalsium pada masa kecilnya atau cacat. Usahakan jangan membeli kelinci seperti ini, karena resiko kematian kedepannya sangat besar.

7. Bagian Ekor.
Dan yang ke tujuh ini tidak kalah penting,coba perhatikan bagian ekornya. Bentuk ekor kelinci juga menjadi indikasi kelinci tersebut sehat atau sakit. Jika ekor kelinci terlihat tegak mengarah ke atas, lurus , dan merapat ke punggung bagian belakang maka kelinci itu sehat. Namun jika ekor kelinci lurus tapi mengarah ke samping (menceng) atau ke belakang, itu mengindikasikan kelinci tersebut tidak sehat atau memiliki gangguan penyakit. Gangguan penyakit yang mungkin diderita kelinci tersebut diantaranya gangguan ginjal, kantong kemih, pencernaan, atau gangguan hati. Tanda yang sangat sepele karena hanya sebatas ekor, namun jika salah pilih tentu saja akan kecewa.

8. Bagian Dubur.
Dan yang terakhir adalah lihat bagian tubuh lain yang harus diperhatikan ketika akan membeli kelinci adalah dubur kelinci. Pasalnya, salah satu penyakit yang sering menyerang kelinci adalah mencret / diare. Jika bagian duburnya terlihat bersih, kering, dan tidak terdapat tanda-tanda bekas mencret, bisa dipastikan kelinci tersebut sehat. Namun, jika tanda-tanda bekas mencret (coklat kusam) tersebut terlihat di duburnya, bisa dipastikan kelinci tersebut sedang terserang penyakit mencret / diare.

Itulah Tips memilih kelinci yang sehat untuk dipelihara atau diternak agar kedepannya kita tidak kecewa. Karena tidak sedikit para pedagang kelinci yang mengaku – ngaku kelincinya dalam keadaan sehat namun nyatanya kelinci tersebut sedang menderita penyakit, walau penyakit sepele siapa tau kedepannya bisa jadi lebih parah? Maka dari itu jangan terlalu percaya pedagang kecuali sudah kenal dekat dan mau memberi jaminan bahwa kelinci yang kita beli dalam keadaan benar – benar sehat. Terimakasih atas kunjungannya, kami ucapkan terimakasih.

0 Response to "Tips memilih kelinci sehat saat transaksi jual beli terjadi"

Posting Komentar