Ciri Fisik kelinci sakit dan akan mati

Kelinci sakit
Kembali lagi di portalkelinci yang membahas segala macam tentang kelinci. Kelinci adalah hewa mamalia yang memiliki tubuh mungil dan gerak – geriknya dapat membuat orang sangat menyukainya terutama anak kecil. Dan ketika kelinci itu mulai menunjukkan gejala – gejala sakit sudah pasti hal itu akan membuat pemilik kelinci merasa kasian dan mencoba mencari cara untuk menyembuhkannya.Dan itu dapat terjadi pada kelinci jenis apapun.

Kelinci menjadi sakit bukan hanya karena faktor makanan, namun cuaca yang seirng kali berubah – ubah secara mendadak juga akan membuat kelinci menjadi sakit. Lalu bagaimana caranya agar kelinci ini dapat terhindar dari kematian akibat sakit yang dideritanya? Sebelum membahas itu mari kita kenali dulu dari awal kelinci sakit hingga kelinci mati.

Berikut cara mengenalinya:
  1. Nafsu makan kelinci menurun
 
Bukan hanya manusia saja, saat akan merasakan sakit kelinci juga mulai malas makan karena nafsu makannya menurun
  1. Aktivitas kelinci pun ikut menurun
Walaupun kelinci adalah termasuk hewan yang lincah namun dalam keadaan akan merasakan sakit dia aktifitas dan kelincahannya akan menurun juga, hal ini yang menjadikan pemilik atau peternak kelinci menjadi sedih.
  1. Lebih banyak minum daripada makan
Jangan beranggapan bahwa kelinci yang mendadak doyan minum berarti kelinci itu sehat – sehat saja. Ternyata anggapan itu salah, apalagi itu bersamaan dengan nafsu makannya yang menurun.
  1. Kelinci sudah tidak lagi menyukai makanan favoritnya
Walaupun diberi makanan favoritnya seperti kangkung, wortel dan brokoli kelinci tidak mau memakannya.
  1. Bulu kelinci terlihat kusam dan rontok sedikit demi sedikit
Pada tahap ini ciri – cirinya sangat mudah dikenali.
  1. Urine Terlihat Keruh dan Kental
Lihat pada urine kelinci, jika urine terlihat keruh dan kental berarti dia dalam kondisi tidak baik.
  1. Kuku terlihat kusam dan pecah - pecah
Hal ini juga sangat mudah di ketahui jika pemilik kelinci jeli, kuku yang awalnya bersih akan terlihat kusam.
  1. Mata kelinci terliha sayup dan tidak cerah seperti biasanya
Hal ini disebabkan karena kelinci yang sudah tidak lagi nafsu makan, yang membuat kelinci lemas dan tanpa gairah.
  1. Kandang terasa dingin atau lembab
Kandang akan terasa dingin atau lembab, hal itu tejadi karena bakteri yang yang keluar dari tubuh kelinci
  1. Kandang dan kelinci berbau busuk.
Kandang dan kelinci akan berbau busuk, hal ini disebabkan karena bakteri yang timbul pada kelinci mulai berkembang biak pada tubuh kelinci.

dan kunci mencegah kelinci agar tidak adalah berbaur dengan para peternak lain dan gali ilmu mereka, lalu praktekkan pada diri kalian sendiri. Karena macam – kelinci sakit sagat banyak macamnya tidak mungkin saya sebutkan satu persatu cara mencegahnya, namun bisa kalian baca pada artikel lain yang berhubungan dengan penyakit kelinci. Jika ada masalah jangan sungkan untuk bertanya kembali.
Itulah ciri-ciri yang perlu kita kenali sejak awal masa pemeliharaannya, kita perlu menyadari bahwa penyakit itu akan menyerang hewan kesayangan kita kapan saja. meskipun sudah melakukan perawatannya yang benar akan tetapi suatu saat bisa saja terserang penyakit. Maka dari itu ciri-ciri tersebut perlu kita kenali, agar hal itu akan segera kita ketahui sehingga saat ciri-ciri itu muncul kita akan cepat menanganinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi para peternak kelinci. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih.

0 Response to "Ciri Fisik kelinci sakit dan akan mati"

Posting Komentar