Mitos pakan yang bersih menjadikan kelinci sehat



Salam 1000 sukses buat peternak dan pencinta kelinci, kali ini saya akan membahas tentang pemberian pakan yang bersih adalah kunci pelihara kelinci sehat, apa benar??menurut saya Tidak!!! semua pemikiran itu tidak semua benar apalagi di sahihkan.
Dalam pengalaman saya memlihara kelinci lebih dari setahun 30% ternak  gagal  dalam dunia kelinci, entah dari sudut rejeki atau dari sudut saya berternak nya yang gagal paham. Pada awal beternak kelinci saya mencoba menggali ilmu dari salah satu master kelinci yang sepertinya sudah mapan dan sukses dalam berternak kelinci. Banyak penjelasan dari beliau pada saya tentang tata cara dan tips – tips sukses berternak kelinci, salah satunya adalah tentang kebersihan kelinci, dan saya lihat betul tiap hari hampir tidak pernah saya menemui satu kandang pun yang kotor. Dan juga cara pemberian pakan pada kelincinya selalu dalam perhatian khusus, mulai dari pengeringan sampai cara memberikan pakan pada kelinci, bahkan semua ada tips nya sendiri.
Karena sepertinya menjanjikan, akhirnya saya coba tips yang dia ajarkan untuk jangka waktu yang lumayan lama, yaitu 3 bulanan. Dalam kurun waktu itu ada beberapa kejanggalan, kenapa kelinci saya kerap kali diare / mencret? Akhirnya saya coba untuk konsultasi, dan saya pun dibekali resep obat untuk menyembuhkan diare pada kelinci saya. Tidak saya pungkiri bahwa resep obat itu lumayan jitu untuk menyembuhkan kelinci diare/mencret walau kadang ada juga kelinci saya yang kandas alias mati sebelum beranak pinak.

Dalam kurun waktu 3 bulan  yang saya rasakan hanya kelinci saya selalu kena penyakit diare, bahkan tidak jarang pula kelinci yang saya pelihara dalam keadan bunting terkena diare, pernah juga saya alami dalam satu kandang ada 3 ekor kelinci milik yang terkena diare secara bersamaan dan mati.  Hampir saja saya putus asa untuk memelihara kelinci, yang biasanya saya datang pada acara kumpul bersama satu bulan sekali bersama peternak – peternak kelinci mulai tidak pernah saya ikuti. Namun ada beberapa hal yang saya ingat. Pernah saya memlihara kelinci di waktu saya masih SMP dulu, kelinci saya tidak pernah mengalami diare sekalipun, dan diwaktu itu saya tidak terlalu mempedulikan pakan untuk kelinci saya, yang penting mereka makan dan saya tinggal sekolah. Walaupun begitu,nyatanya kelinci saya sehat tanpa terkena penyakit diare, sekaliun tidak pernah.
Alhasil saya coba memberanikan diri mencoba untuk mengulangi cara beternak saya pada masa SMP dulu, yaitu memberikan makan yang sembrono pada kelinci, bahkan kangkung basah yang dikatakan biang keladinya penyakit diare pada kelinci saya kasihkan langsung tanpa harus menunggu layu terlebih dahulu. Dan alhamdulillah sampai setahun kelinci saya aman – aman saja, lincah dan gemuk. Sangat berbanding terbalik dengan perawatan yang extra ketat yang aku terapkan beberapa bulan lalu, kelinci saya beranak pinak dan banyak. Namun walaupun bisa dianggap sukses berternak saya memilih berhenti karena masalah bau kotoran dan air kencing yang di timbulkan, karena saya beternak kelinci di dalam ruangan yang agak sempit dan berlantai semen.

Jadi kesimpulannya adalah biarkan kelinci kita seperti ada dialam liar, makan dan minum sesukanya, entah sayur yang segar, rumput yang dalam keadaan kotor silahkan berikan, karena yang pasti keadaan tubuh kelinci akan semakin lebih baik karena sudah kebal dengan yang namanya penyakit. Tapi tentu saja butuh proses agar kelinci benar – benar kebal terhadap penyakit yang akan menyerangnya, salah satunya caranya adalah jangan menjual anak dari kelinci yang kita ternak, tapi peliharalah dari kecil dan dengan makanan yang tanpa harus dijaga kebersihannya. Dan jika kalian ingin mempratekkan tips dari saya ini kalian harus senantiasa memiliki obat ampuh untuk penyakit scabies atau gudik. Semua itu dikarenakan makanan yang sembrono dan agak kotor akan menyebabkan scabies atau gudik pada kelinci. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel yang sudah saya siapkan mengenai penangan pada kelinci yang terkena scabies atau gudik.

Demikian artikel saya tentang “Mitos pakan yang bersih menjadikan kelinci sehat”. Semoga bisa menjadi acuan buat para peternak dan pecinta kelinci.

0 Response to "Mitos pakan yang bersih menjadikan kelinci sehat"

Posting Komentar