Merawat bayi kelinci yang ditinggal mati induknya


Merawat kelinci adalah gampang  - gampang susah, tidak jarang bagi pemula yang mendapati kelincinya mati karena terkena beberapa penyakit yang tidak tau penyebabnya. Apalagi dalam hal merawat kelinci yang baru dan ditinggal induknya karena induknya mati? Pasti akan tambah bingung dan kasihan melihat bayi kelinci yang baru lahir tidak disusui induknya dan pasti jika tidak ada penanganan khusus maka sudah jelas bayi kelinci itu akan mati. Karena dalam fase ini bayi kelinci masih sangat rentan terhadap berbagai hal seperti kelaparan, suhu dingin apalagi dengan ditambah kedatangan predator atau semut yang membuat perawatan pada bayi kelinci makin susah. Sebenarnya ada 2 solusi yang dapat dipratekkan pada bayi kelinci yang ditinggal induknya yaitu dengan cara :


Memakai jasa induk lain.


Adalah keberuntungan bagi anda jika ada 2 atau lebih induk kelinci yang melahirkan bersama dengan selisih jarak hari yang tidak terlalu jauh. Anda memakai induk lain atau menaruh bayi kelinci baru lahir yang ditinggal mati induknya pada induk lain yang pada hari itu (selisih 1-3 hari) pada tempat kotak kelahiran. Hal ini adalah cara yang mudah untuk dilakukan karena anda tidak perlu repot – repot merawatnya sendiri, hanya saja anda perlu menambah porsi makan induk itu agar tidak kekurangan stamina dalam menyusui anak – anaknya yang di tambah dengan anak asuhnya. Namun untuk sehari anda perlu mengawasi si induk karena ditakutkan induk tadi malah marah dan memakan anak asuhnya. Dan jika terjadi demikian sudah tidak ada lagi cara lain kecuali anda melakukan cara yang kedua ini,

Memakai cara spet pada bayi kelinci

Bukan hanya lovebird saja yang harus di spet anakannya, namun juga dengan bayi kelinci yang telah ditinggal mati induknya. Cara ini tentu butuh perhatian dan kesabaran (ketelatenan) agar dapat membuahkan hasil yang melegakan.

Namun tidak semua orang tau dengan kedua cara diatas, karena banyak dari teman saya dan dari beberapa postingan di FB yang malah menelantarkan bayi kelinci tersebut karena dianggapnya sudah tidak ada lagi harapan hidup bagi bayi kelinci, tentu saja pendapat itu salah!! Untuk itu saya akan membagikan ilmu tentang Merawat bayi kelinci yang ditinggal mati induknya, terutama cara kedua yang mengguanakan cara spet karena cara ini gampang – gampang sulit.

Adapun cara menyusui bayi kelinci agar dapat hidup tidak lain sebagai berikut :

1.Perawatan terhadap bayi kelinci

 

 

 

 

 

 

 

 

   

Bayi kelinci yang baru lahir sangatlah rentan terhadap penyakit dan membutuhkan nutrisi yang banyak. dan yang pasti nutrisi itu hanya didapat dari sang induk yaitu lewat ASI nya. Setelah sang induk mati tentu tidak ada lagi yang menyusui dan sebagai ganti andalah harus menggantikannya sebagai induk kelinci, namun bukan berarti anda yang menyusui ya, hehe.

2.Mulai merawat bayi kelinci

Untuk merawatnya anda butuh kesabaran dan ketelitian (ketelatenan) yang tinggi. Karena cara ini tentu tidak sembarangan untuk dilakukan pada bayi kelinci yang masih sangat kecil ini, ada beberapa alat yang dibutuhkan agar dapat melakukannya dengan baik dan benar.

Anda sangat membutuhkan :

a. Suntikan

Bisa didapatkan di petshop dan toko peternakan


b. Karet pentil kecil

Biasa digunakan pada ban sepeda umumnya berwarna merah dan kuning (yang muat untuk mulut anak kelinci)

c. Susu

Usahakan susu bubuk seperti dancow dll 0-6 bulan dan pastikan pada kemasan susu itu berlabel “free lactosa” karena bayi kelinci tidak mempunyai enzim tersebut, namun saya jika ada anjurkan untuk membeli susu kucing, kambing etawa atau susu sapi, jangan susu indomil yang hanya mengandung gula. Sangat tidak baik untuk pertumbuhuan bayi kelinci.

Langkah – langkah spet pada bayi kelinci

1. Copot jarum suntikan lalu ganti jarum suntik itu dengan karet pentil.

2. Aduk susu dengan air panas, namun untuk memberikannya tunggu dingin atau sedikit hangat.

3. Anak kelinci dianjurkan meminum 1ml air susu dari suntikan tersebut 2-3 kali sehari (tergantung anda)dan jangan sampai masuk kedalam hidung atau terlalu banyak, itu akan membuat anak kelinci tersedak dan mati.

4. Anak kelinci berumur 1 minggu harus rutin diusap perutnya menggunakan cotton bud menggunakan air hangat untuk merangsang keluarnya air pipis dan pupnya.

5. Ciri bayi kelinci yang akan mati adalah badannya yang sangat dingin dan itu adalah keadaan berbahaya. Dalam keadaan ini anda bisa memberinya susu selama 1ml atau mengusapnya kembali. kotak sarangnya harus terjaga dari apapun dan harus hangat, kalian bisa menaruh kain, kapas atau apapun yang membuat anak kelinci menjadi hangat dan merasa aman, tenang dan nyaman.

3. Beranjak dewasa kalian bisa membeli botol susu yang tersedia di petshop untuk sekitar anak kelinci berumur 3 minggu - 2 bulan.


pada masa masa 1 minggu anak kelinci yang ditinggal mati induknya akan sangat mempunyai kemungkinan besar untuk mati, jadi sabar dan telitilah menjaganya.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah kondisi kandang untuk bayi kelinci.

Sebelum usia 7 hari tubuh bayi kelinci tidak ditumbuhi bulu, sehingga akan sangat rentan terhadap serangan suhu rendah. Bayi kelinci akan hidup dengan baik pada suhu  27 ± 308C (80,6 ± 868F). Bayi kelinci harus dimasukkan kedalam kotak yang lembut berisi jerami yang lembut pula. Sebenarnya kapas tidak pernah digunakan oleh kelinci di alam bebas, namun dari beberapa pengalaman teman peternak kelinci, penggunaan kapas boleh - boleh saja dilakukan namun harus sering diganti, hal ini dikarenakan kotoran kelinci yang mungkin saja menempel di kapas dan berpotensi menghasilkan jamur yang nantinya akan berdampak pada kesehatan bayi kelinci tersebut.

Dan setelah anda berhasil merawat bayi kelinci tersebut hingga berumur paling tidak 2 minggu maka bayi kelinci biasanya sudah mulai belajar makan sendiri, maka berikanlah makanan pada bayi kelinci tersebut berupa rumput teki dan selederi. Hal itu beralasan karena rumput teki dan seledri sangat rendah kandungan airnya yang bertujuan agar bayi kelinci tidak mencret atau kembung. Setelah berumur 3 mingguan baru beri pelet dan rumput segar lainnya, namun jangan lupa pemberian air bersih juga sangat wajib diberikan.
Itulah ilmu dari saya tentang Merawat bayi kelinci yang ditinggal mati induknya, semoga bayi kelinci kita tidak pernah ditinggal induknya dan bayi kelinci selalu sehat dan berkembang. Dan jika anda sudah melakukan cara – cara diatas jangan lupa kabari saya lagi di kolom komentar ya. Boleh – boleh saja share artikel ini pada yang lain atau copas ke blog kalian, namun jangan lupa cantumkan sumber ya!!

0 Response to "Merawat bayi kelinci yang ditinggal mati induknya "

Posting Komentar