cara agar bobot kelinci makin berat




Jika memiliki kelinci hanya untuk hobi saja, mungkin tidak begitu memperdulikan bibit dan bobot kelinci, namun tidak untuk para peternak yang memang berniat memelihara kelinci untuk pendapatan utama mereka. karena jika tidak mengusahakan bobot kelinci pada tingkat maximal akan kurang lega rasanya dan yang utama adalah pendapatan kita dari kelinci yang kita pelihara juga kurang maximal. Untuk itu saya akan membagikan sedikit tips cara agar bobot kelinci makin berat dan pendapatan pun makin banyak.

Pertama kita harus memilih bibit kelinci yang memiliki potensi memiliki bobot yang maximal kedepannya, dan cirinya sebagai berikut :

1.      Pilih bibit yang sehat tanpa cacat,

Pertama sudah jelas kita harus memiliki bibit kelinci yang sehat, dan itu ditandai oleh tingkah laku kelinci yang lincah dan tidak stres, karena jika stres akan mengurangi nafsu makan yang kelak akan mempengaruhi perkembangan kelinci.

2.      Postur tubuh yang terlihat kokoh,

Perhatikan postur tubuh bibit kelinci yang akan dibeli, mulai dari lihat dari samping dan atas. Jika terlihat kokoh dan padat bebarti kelinci itu bagus untuk pembesaran. Namun juga harus cek sekali lagi dengan cara di raba mulai dari leher hingga bagian belakang kelinci, bila tidak terasa tulang rusuknya berarti kelinci tersebut sehat dan gemuk. Maka akan cepat besar saat di pelihara nanti.

3.      Memiliki tubuh yang panjang,
selain memiliki postur tubuh yang kokoh, hal lain yang harus diperhatikan adalah ukuran panjang kelinci, karena hal ini juga sangat berpengaruh pada bobot kelinci.
 
4.      Tidak mengidap penyakit terutama scabies atau gudik.
Dan yang terakhir adalah usahakan bibit yang akan di beli tidak memiliiki penyakit terutama scabies atau gudik. Karena penyakit ini walau tidak terlalu bahaya akan membuat kelinci kehilangan nafsu makannya dan tentu akan memperlambat masa perkembangan kelinci.

Jika sudah memilih bobot yang tepat, sekarang tinggal rawat dengan baik dan pemberian pakan yang cukup dan tepat sasaran, tetap sasaran maksutnya adalah makanan yang dapat bisa mempercepat pertumbuhan kelinci dan bisa memaximalkan bobot kelinci. 
Makanan itu tidak lain adalah sebagai berikut :

       1.   Beri Voer ayam atau voer babi
Voer ayam dan voer babi sangat bagus untuk mempercepat pertumbuhan kelinci, dan yang utama adalah harganya yang jauh lebih murah dari pada pelet kelinci yang ber merk lainnya, apalagi voer ayam dan voer babi ini diracik dengan bahan lain yang juga cukup murah maka akan dapat menekan biaya pemeliharaan kelinci. Jika tidak tau rahasia racikan nya silah baca artikel saya tentang “pakan alternatif kelinci”. Pakan voer ini juga sangat bagus untuk kelinci yang kurus karena bisa membuat kelinci menjadi cepat gemuk, namun juga jangan lupa diberi rumput karena kandungan dalam rumput yang berupa air juga sangat dibutuhkan oleh kelinci, terutama kelinci pedaging.
       2.   Beri konsentrat kelinci
Ada banyak pilihan konsentrat ini, namun anda juga bisa dapat membuat nya sendiri agar dapat menekan biaya pakan kelinci. Yaitu menggunakan ampas tahu, dedak dan sayur, semua bahan itu dicampur dan digiling kemudian di cetak kecil – kecil dan yang terakhir adalah dijemur sampai kering agar dapat bertahan lama.
       3.   Beri pakan Fermentasi
Pada zaman yang serba modern ini bukan hanya berdampak pada teknologi, namun juga pada kebutuhan ternak kita. Baru – baru ini telah ditemukan makanan fermentasi dari kedebog pisang. Proses pembuatannya adalah dari bahan yang sederhana yaitu kedebog pisang, gula, dedak dan bahan fermentasi. Fermentasi kedebog pisang ini dapat menggemukkan kelinci dan juga kambing bahkan juga sapi.
Demikian artikel yang saya suguhkan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam pemeliharaan kelinci kita. Jika artikel ini menarik silahkan share dan copas ke blog kalian besar harapan saya untuk dicantumkan sumber. Terimakasih atas kunjungannya.

0 Response to "cara agar bobot kelinci makin berat"

Posting Komentar