Ukuran kandang yang cocok buat kelinci flemist giant (FG)


Di banding dengan negara lain negara indonesia masih memiliki peternak kelinci yang bisa dibilang sedikit, hal itu mungkin dikarenakan oleh ketidakpahaman masyarakat tentang bermanfaatnya daging kelinci ini. Dan dengan sedikitnya peternak kelinci di indonesia berarti peluang usaha untuk peternakan kelinci masih sangat terbuka lebar, baik itu untuk konsumsi atau pedaging maupun untuk jenis kelinci hias. Untuk kelinci konsumsi atau pedaging kita tahu bahwa daging kelinci ini memiliki rasa unik dan nikmat dilidah, bahkan rasanya lebih enak dan gurih dibandingkan daging sapi ataupun daging kambing. Dengan kolestrol yang lebih rendah dibandingkan daging sapi maupun kambing membuat kelinci menjadi sangat ideal untuk dikonsumsi. Daging kelinci pun memiliki jumlah protein yang tidak kalah dengan daging sapi maupun daging kambing, disamping itu tentunya harga daging kelinci ini bisa dikatan masih relatif murah karena kalangan menengah kebawah juga mampu membelinya.

Salah satu kelinci yang paling cocok untuk diternak sebagai pedaging adalah kelinci jenis Flame. 
Kelinci flemish giant ini adalah salah satu kelinci yang terbesar yang ada di permukaan bumi ini. Berat ukuran standar kelinci ini bisa mencapai 6,7 kg (induk betina) dan 8,7 kg (induk jantan). Dengan panjang sekitar 20 inci atau setara dengan 50 cm. ukuran ini merupakan ukuran normal kelinci flemish giant dewasa. Sedangkan untuk ukuran berat minimal kelinci flemish giant ini adalah 6,3 kg dan maksimalnya 12 kg.

Oleh karena itu bagi anda yang berniat untuk beternak kelinci flemish giant ini harus betul – betul mengetahui ukuran kandang untuk kelinci tersebut, untuk itu anda bisa melakukan langkah-langkah berikut :

1. Kandang 

Diusahakan kandang jangan berdekatan dengan kandang hewan peliharaan lain seperti sapi, kambing, ayam, dll.

2. Ukuran kandang

Tentu saja ukuran kandang harus dengan versi jumbo, jhal itu dikarenakan ukuran kelinci yang memang berukuran jumbo. Untuk gunakan ukuran kandang dengan lebar kebelakang 70-80 cm, lebar kesamping 100-120 cm dan untuk ukuran tinggi kandang cukup dengan 70 cm saja. Bahan untuk membuat kandang kelinci Flames Giant ini bisa dari kawat galvanis, kawat loket yang sudah dilapisi dengan cat, kayu dan bambu. Untuk bagian alas kandang anda bisa menggunakan bambu, sangat tidak disarankan menggunakan kawat karena kelinci flemish giant ini bisa saja menggigit kawat jaring yang anda gunakan.

Untuk porsi pakan tentu sudah pasti kelinci flemish giant ini butuh porsi yang jumbo juga, namun tidak masalah, karena harga indukan memang lumayan mahal. Yaitu berkisar antara 300-400rb, tergantung peternak dan daerah masing – masing.

Itulah Ukuran kandang yang cocok buat kelinci flemist giant, jika ada kritik dan saran silahkan masukkan di kolom komentar yang sudah saya siapkan. Dan jika artikel ini bermanfaat silahkan share atau copas pada blog anda namun jangan lupa cantumkan sumber!!

0 Response to "Ukuran kandang yang cocok buat kelinci flemist giant (FG) "

Posting Komentar