Penanganan pertama pada kelinci mencret atau diare



Assalamualaikum wr wb. 

Jawab donk kalau tidak mau menjawab saya tidak akan memulai pembahasan tentang  Penanganan pertama kelinci mencret atau diare”. 

Coba saya ulangi sekali lagi.

Assalamualikum wr wb.

Nah gitu donk, semoga kelinci kita dalam perlindungan Allah SWT, agar dijauhkan dari beberapa penyakit kelinci yang terlaknat. Amin..

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan secara singkat kenapa mencret bisa terjadi pada kelinci kesayangan kita menurut pengalaman pengalaman saya saat beternak kelinci. Pada dasarnya kelinci adalah hewan sensitif dan kita harus memberinya perhatian agar saat terjadi gejala – gejala mencret / diare bisa diminimalisir untuk menghindari kematian pada kelinci yang akan membuat kita menjadi rugi dan sedih. Untuk artikel lengkap tentang merawat kelinci agar terhindar dari diare silahkan baca artikel “Mitos pakan yang bersih sehat untuk kelinci”. Karena pada artikel ini saya akan membahas tentang penanganan pertama pada kelinci diare.

1.       Ketahui ciri – ciri kelinci pasca diare

Pertama adalah mengetahui ciri – ciri kelinci pasca diare, hal ini sangat berpengaruh pada kesembuhan kelinci. Baca artikel berikut jika belum tau ciri – ciri kelinci pasca diare “ciri – ciri kelinci akan sakit diare”.

2.       Siapkan obat diare

Dalam tahap ini silahkan siapkan obat diare atau bisa juga memakai tumbuhan yang dipercaya dapat meredakan penyakit diare.

3.       Umbar atau lepas kelinci

Selanjutnya umbar atau lepas kelinci di luar kandang seharian, usahakan di tempat yang terkena cahaya matahari langsung namun ada tempat peneduh agar saat kelinci mulai kepanasan bisa berteduh, kalau tidak ada silahkan pakai payung,hehe.. Namun saat melepas kelinci jaga atau sekat area yang dipakai untuk melepas kelinci agar kelinci tidak bermain jauh, namun jika itu terjadi tenang jangan kuatir karena kelinci adalah hewan yang mudah hafal dengan rumah majikannya jadi di saat sore akan kembali ke kandangnya seperti halnya kucing.

4.       Hindarkan pemberian pakan yang segar

Dan yang tidak kalah penting adalah jangan memberi kelinci anda dengan pakan yang segar seperti dan mengandung banyak air, tapi taruh dibawah terik matahari agar layu lalu berikan. Seperti contoh kangkung.

5.       Berikan asupan makanan tambahan

Karena saat kelinci mengalami diare biasanya kelinci akan terlihat lesu dan loyo saat sudah parah. Untuk itu berikan makanan tambahan agar kondisi badannya menjaga lebih segar. Contohnya adalah air gula jawa dengan cara spet, jika tidak bisa melakukannya baca artikel berikut ini tentang “Cara spet kelinci saat diare dengan air gula jawa”

6.       Pisahkan dengan kelinci yang sehat.

Memisahkan kelinci yang terkena diare tidak kalah penting karena bertujuan untuk menghindari menularnya diare pada kelinci lain yang dalam kondisi sehat. Dan jika kandang kelinci yang terkena diare terkena kotorannya maka bersihkan pakai air sabun agar bakteri yang hinggap di lantai kandang kelinci tidak kembali pada kelinci yang sudah sembuh.

7.       Ulangi no 2 sampai 6.

Dan yang terakhir adalah ulangi no 2 sampai no 6 sampai kelinci benar – benar sembuh, baru anda bisa menyatukan lagi di dekat kandang tempat biasa kelinci di tempatkan dengan yang lain.

 
Itulah beberapa Penanganan pertama kelinci mencret atau diare”. Semoga artikel yang saya buat ini bisa membantu dan dapat meminimalisir angka kematian pada kelinci diare, agar artikel yang saya buat ini bisa membawa anda kepada kesuksesan  di dunia perkelincian untuk memberi penghasilan tambahan bagi keluarga. Terimakasih sudah manyempatkan membaca artikel ini hingga akhir.

Wassalamualaikum wr wb.

0 Response to "Penanganan pertama pada kelinci mencret atau diare"

Posting Komentar