Tips memandikan kelinci agar aman dan tidak meronta



Mungkin bagi sebagian orang memandikan kelinci adalah hal yang membuang – buang waktu, karena tanpa dimandikan pun kelinci bisa bersih asal kebersihan kandang tetap dijaga. Namun jika memiliki kelinci hias tidak salahnya jika anda memandikan kelinci, karena kelinci hias memiliki perhatian khusus mulai dari makanan dan perawatannya.

Pengetahuan tentang cara memandikan kelinci ini akan sangat dibutuhkan bagi mereka yang memelihara kelinci hias. Namun untuk para peternak kelinci pedaging pun juga membutuhkan informasi ini agar pada saat kelinci mengalami kotor ditubuhnya bisa dimandikan juga. Tapi  yang pasti kebersihan kelinci dan kandang harus tetap terjaga sehingga kelinci tetap sehat dan indah saat dilihat. 

Untuk memandikan kelinci tidak sama seperti memandikan kucing dan anjing, hal itu berarti tidak sembarangan untuk memandikannya. Butuh pembelajaran atau tips memandikan kelinci agar kelinci tetap tenang tidak meronta – ronta saat dimandikan. Karena sama hal nya dengan kucing, kelinci adalah hewan yang takut air sehingga cukup sulit untuk memandikannya. Sebenarnya kotoran pada kelinci cukup mudah dibersihkan walau tanpa dimandikan, namun tidak pada kotoran yang terlanjur menempel ketat di kaki atau pantatnya yang hanya bisa dibersihkan menggunakan air.
Karena hal itulah saya akan memberi tips memandikan kelinci agar tidak meronta saat dimandikan. Adapu tips tersebut adalah sebagai berikut :



1.      Gunakan air hangat

Seperti yang saya katakan tadi diatas bahwa kelinci adalah hewan yang takut air apalagi airnya dingin, dia akan tambah kaget, untuk itu akan lebih baik untuk memakai air hangat saat memandikan kelinci.

Caranya adalah isi bak mandi dengan air hangat / suam – suam kuku kira – kira setinggi 20-25 cm atau kirakan agar kelinci tidak tenggelam saat dimandikan. lalu tinggal masukkan kelinci anda yang akan dimandikan, namun pastikan terlebih dulu air nya hangat apa terlalu panas. Lalu jaga agar kelinci tidak melompat keluar ember yang nanti malah membuat kelinci makin kotor bahkan bisa melukai bagian tubuhnya.

2.      Disarankan minta bantuan teman

Untuk memndikan kelinci alangkah baiknya meminta bantuan teman jika masih belum pengalaman untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Caranya adalah teman atau anda memegang kelinci sehingga tidak akan terpeleset. Lalu orang kedua memandikan kelincinya (bisa menggunakan sikat halus). Saran saya saat memandikan kelinci tidak usah memakai sabun, karena hal itu malah akan membuat bahaya pada kelinci jika anda membilasnya tidak merata dan apalagi terkena mata atau dijilatnya.

3.      Pegang kaki belakang kelinci

Setelah kelinci selesai dimandikan, selanjutnya kelinci tersebut angkat dari bak atau ember dan minta bantuan teman jika masih membutuhkan, lalu pegang atau kunci kaki bagian belakang dengan cara menggemgamnya secara erat – erat namun jangan terlalu kuat karena kelinci bisa sakit bahkan patah, yang penting kelinci tidak bisa menendang – nendang yang nanti juga akan beresiko mematahkan punggungnya. Caa lain yang bisa di lakukan saat mengangkat kelinci adalah dengan memegang bagian tengkuk menggunakan angan kanan. Sedangkan tangan kiri digunakan untuk mengimbangi dengan menopang bagian pantat.

4.      Gunakan handuk

Sama halnya dengan kucing dan anjing, setelah kelinci mandi dia juga butuh untuk mengeringkan tubuhnya. Untuk itu siapkan handuk yang hanya untuk dipakai kelinci mandi, jangan sampai memakai handuk anda ya. Lalu lilitkan ke badan kelinci supaya terlalu lama kedinginan.

Setelah itu tepuk – tepuk atau keringkan sesuai cara anda, pindahkan handuk ke bagian yang basah lainnya agar bisa kering semuanya. Hal ini membutuhkan kesabaran. Namun jika dirasa terlalu lama mengeringkannya anda bisa memakai pengering rambut atau hair dryer. Namun setel dulu dengan kecepatan yang lambat serta suhu yang rendah agar tidak berbahaya pada kelinci. Namun jika tidak biasa kelinci akan tambah meronta – ronta dikarenakan terkejut mendengar suara bising dari mesin pengering rambut itu.

5.      Sisir bulu kelinci


Setelah selesai mengeringkan bulu kelinci, berikutnya anda tinggal menyisir bulu kelinci ersebut agar tidak mengempal atau nggimbal. Pada langkah terakhir ini kelinci mungkin akan menjilat – jilat bulunya sendiri sama halnya dengan kelinci sehingga nanti akan terlihat halus dan lurus.

Untuk kelinci yang tidak pernah dimandikan biasanya besar kemunkinnan akan rentan dengan penyakit scabies atau gudik atau kudis. Penyakit itu adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit yang dapat membuat kulit kelinci gatal dan retak – ratak, dan jika dibiarkan maka nafsu makan kelinci akan menurun bahkan bisa saja mati jika tidak disembuhkan. Untuk tau bagaimana cara menyembuhkan penyakit scabies ini silahkan baca artikel yang sudah saya siapkan agar saat kelinci anda mengalami scabies ada bisa menanganinya secara cepat dan tepat.

Penularan penyakit scabies ini sendiri bisa melalui kontak langsung denga kelinci lain (rawan bagi anakan yang baru disapih karena dikandang bersama) atau bisa juga lewat benda – benda atau kandang yang selalu disentuh kelinci yang terkena scabies.

Itulah Tips memandikan kelinci aman dan agar tidak meronta  yang saya sajikan untuk anda sekalian. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa share pada yang lain dan serakan sumber. Sekian......

0 Response to "Tips memandikan kelinci agar aman dan tidak meronta"

Posting Komentar