Fase hidup kelinci



Sudah pasti tiap mahluk mempunyai fase – fase kehidupan yang tentunya tidak akan sama antara hewan satu dengan hewan lainnya, hal itu menunjukkan kebesaran Allah SWT yang menciptakan mahluk – mahluknya dengan berbagai jenis, karakter, rupa dan bentuknya. Lalu bagaimanakah dengan fase kelinci? Tentu kelinci adalah jenis hewan yang melahirkan dan ia juga menyusui.lalu bagamaina fase itu berlangsung? Untuk mengetahui hal itu mari simak penjelasan saya berikut tentang fase hidup hidup kelinci :

1.Perkawinan

















Dalam hal perkawinan kelinci bisa dikawinkan sekitar 6-8 bulan keatas. Dan kelinci yang bagus adalah dikawinkan juga dengan yang sama jenisnya, hal itu dilakukan karena takut hasil perkawinan nya tidak sempurna yang akan membuat bayi kelinci cacat atau mudah terserang penyakit, walau ada pula kelinci hasil kawin silang yang malah menambah kekebalan tubuhnya, seperti contoh kelinci ostrali kata orang jawa. 

Kelinci bisa dikawinkan dengan 2 cara, yaitu :

     a. Kawin alami
 Kawin alami adalah sebuah proses perkawinan secara alami atau dibiarkan 1 kandang sekitar 2x24 jam atau bisa di halaman belakang kalian dengan cara dilepas.

     b. Kawin sodor
 Kawin ini adalah kawin bantu, atau menggunakan bantuan pemiliknya. Bila sang kelinci betina (biasanya) sudah cukup umur namun belum mau kawin bisa dengan kawin bantu atau kawin sodor. Cara adalah dengan memegang kelinci betina dan di sodorkan pinggulnya pada kelinci jantan, denga begitu kelinci jantan akan mengawini kelinci betina.

2.Kehamilan
Proses kehamilan pada  biasanya terjadi pada harike 7 setelah perkawinan (bila berhasil). Tapi biasanya kehamilan akan lebih mudah dipalpasi/perabaan/diraba bagian perutnya ketika umur kehamilan 14 hari atau 2 minggu (cara ini memiliki cara khusus) karena bayi didalam perut sudah mulai turun ke perut bawah. Dan pada masa ini jika kalian raba belum ada tanda kehamilan atau tidak terasa janin (terasa seperti bola pimpong), maka bisa melakukan perkawinan kembali atau bila takut mengalami hamil susulan maka tunggu sampai tanggal waktunya melahirkan yaitu sekitar 29-35 hari dari perkwaniannya. Dan bila ternyata tidak melahirkan boleh dikawinkan lagi. perawatan kelinci hamil pun lebih ekstra daripada kelinci pada umumnya, yaitu dengan menambah porsi makannya, minum, dan kasih sayang lebih demi menjaga agar tidak mengalami stress

3.Kelahiran
Biasanya kelinci hamil 30 - 33 hari. sekitar 1 minggu atau 2-3 hari sebelum melahirkan. Pada fase ini  kalian harus menyiapkan kotak sarang yang diisi dengan jerami, kertas koran atau kain dan juga bisa menggunakan kapas, namun saya usulkan memakai jerami. Tapi boleh saja tidak diisi apa – apa, karena umunya sebelum kelinci melahirkan akan merontokkan bulunya sebagai penutup bayi kelinci, biasanya di kehamilan kedua atau ketiga sesuai dengan karakter induk. Dan biasanya induk kelinci akan melahirkan pada saat malam hari.

4.Bayi Kelinci

 
Induk kelinci biasanya akan menyusui anaknya pada malam hari. Dan jika nyatanya induk kelinci tidak merontokkan bulu maka perlu dikasih jerami agar bayi kelinci tidak masuk angin dan biasanya akan mati. Setelah dikasih jerami biasanya kelinci induk akan membawa jerami itu kedalam kandang dan akan membuat sarang untuk anak anaknya. bayi kelinci sangat rentan terhadap suasana luar dan juga anak kelinci butuh banyak nutrisi dan nutrisi itu didapat hanya dari ibunya, oleh karena itu kalian juga harus merawat si induk dengan benar seperti pada saat hamil.
ketika umur bayi kelinci menginjak 1 minggu bulu bulu halusnya sudah tumbuh dan pola bulunya sudah mulai jelas, menginjak umur 2-3 minggu bayi klinci sudah bisa keluar dari kotak sarang, atau mungkin mereka akan keluar sendiri (hal ini yang membuat para peternak merasa bahagia karena lucunya). anak kelinci juga sudah mulai mencicipi makanan yang disediakan untuk ibunya. namun jangan diberi makan yang terlalu banyak serat, karena pencernaan anak kelinci belum sekuat kelinci dewasa.

5.Penyapihan
 
Penyapihan ini adalah proses dimana anak kelinci berpisah dari induknya untuk bisa hidup mandiri. Pada umur ini anak kelinci sudah dianggap mampu untuk hidup tanpa ibunya dan biasanya sudah mulai dijual dipasar – pasar hewan. Penyapihan akan lebih baik dilakukan pada saat bayi kelinci berumur 2 bulan atau 2,5 bulan, karena pada umur itu anak sudah tidak menyusu lagi pada induknya dan induknya pun tidak menyusui anaknya.  Pada umur itu anak kelinci juga sudah bisa makan normal  dan air susu induk pun sudah mulai habis. namun cara penyapihan pun tidak boleh mendadak karena dapat meyebabkan sang induk terkena suatu penyakit yang menyebabkan puting susunya menjadi bengkak dan panas dipegang.

Cara menyapih dengan benar adalah sebagai berikut :

Pisahkan 2 anak kelinci yang badannya terlihat lebih besar dari yang lain pada hari pertama
keesokan harinya pisahkan 2 anak kelinci yang badanya lumayan besar untuk hari kedua dan lakukan cara ini hingga semuanya anak kelinci disapih.
Itulah fase hidup kelinci, dan untuk membuat kelinci bisa hidup lama maka rawatlah dengan baik ya. Pelajari beberapa penanganan yang terjadi pada saat kelinci terkena penyakit agar dapat menekan angka kematian terutama pada saat kelinci berumur dibawah 2 bulan. Silahkan copas ke blog kalian atau share pada yang lain namun jangan lupa cantumkan sumber!!!

0 Response to "Fase hidup kelinci"

Posting Komentar