Resep pakan alternatif kelinci



Salam sukses untuk pengunjung blog ku yang budiman, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Resep pakan alternatif kelinci yang dulu pernah saya buat waktu berternak kelinci. Dibuatnya artikel ini memiliki tujuan agar saat kemarau datang para peternak dan pemelihara kelinci lain bisa mencukupi bahan pangan pada kelinci yang disayangi.

Saya berharap agar resep ini bisa menjadi referensi para peternak dan pemelihara kelinci yang hanya sekedar hobi memelihara kelinci dan bisa menjadikan sedikit mudah bagi anda dalam memelihara kelinci. Karena pada umunya kelinci adalah salah satu  hewan yang menguntungkan untuk dipelihara, selain dagingnya yang enak, juga harga jualnya yang lumayan untuk menjadi tambahan pemasukan kita. 

Tidak usah panjang lebar saya menjelaskan, mending langsung saja simak dan jangan lupa catat ya menu yang saya bagikan ini.


Bahan :

1.       Dedak kasar 1kg

2.       Dedak halus ½ kg

3.       Polar 1 canting

4.       Sentrat Babi ½ kg atau sentrat sapi (sentrat = popan / pelet halus)

5.       Beras jagung ¼ kg


Cara Meracik
Campurkan satu per satu bahan di atas agar bisa rata sepenuhnya, setelah bahan tercampur tinggal taruh dalam Bak atau timba.

Pemberian pakan
Ambil pakan yang sudah di racik tadi dan campur dengan air secukup nya (lebih bagus air panas), jangan terlalu encer usahakan dapat dikepal, aduk sampai rata.

Catatan :
Pemberian pakan alternatif ini bisa juga dicampur dengan rumput yang sudah di cincang halus, rumput di cincang halus ini bertutjuan agar Kelinci kesayangan kita tidak hanya memilih rumputnya saja. Namun setelah tau resep ini usahakan jangan memberinya pagi, siang sore, tapi hanya sekali saja. Saran saya berikan pada malam hari saja, untuk menghindari kandang yang kotor dipagi hari karena rumput yang kita berikan pada kelinci, jika kita memberi rumput pada pagi dan siang hari kita tinggal membersihkannya di sore hari, ini bertujuan untuk pemelihara kelinci yang sibuk kerja di siang hari. Pengalaman saya saat dulu memelihara kelinci, kelinci saya jadi sedikit gemuk dan sehat karena kandungan dari bahan – bahan diatas sangat bervariasi dan cukup untuk pertumbuhan kelinci.

Dan jika pengunjung ada yang memiliki resep pakan alternatif kelinci lain mohon untuk share juga di kolom komentar yang nanti akan saya tambahkan pada referensi blog ini.
terimakasih dan salam sukses.

0 Response to "Resep pakan alternatif kelinci"

Posting Komentar