Panduan simple membuat pelet sendiri untuk kelinci


Setelah mambagikan resep alternatif pakan kelinci kali ini saya akan membagikan Panduan simple membuat pelet sendiri untuk kelinci yang bagus dengan mudah. Karena dari pengalaman saya memelihara kelinci dulu, saya sering kebingungan saat musim kemarau datang yang membuat rumput menjadi langkah. Hal itu juga dirasakan oleh beberapa peternak lain diberbagai daerah, dan untuk membeli pelet kelinci tentunya sangat mahal apalagi yang bermerk. Untuk itu saya akan memeberi anda panduan simple membuat pelet sendiri untuk kelinci.


Berikut panduan simpel membuat sendiri pelet untuk kelinci kita.

Bahan adonan yang pernah saya pakai :

  • Bekatul atau dedak 35%
  • Pollar 20%
  • Jagung giling15%
  • Ampas tapioka 15%
  • Kulit kacang 5%
  • Tetes tebu 5%


Selebihnya bisa ditambahkan :


  • Vitamin
  • Kalsium
  • Garam
  • Arang aktif/norit


Bahan – bahan diatas bisa dengan mudah anda dapatkan di toko – toko perlengkapan peternakan hewan dan untuk banyaknya bahan bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk jangka waktu beberapa hari.

Berikut proses pembuatannya :
  1. Bahan – bahan diatas aduk dengan alat dan wadah yang bersih di sebuah wadah yang mencukupi bisa menggunakan ember atau timba, tambahkan air panas secukupnya sambil diaduk (menggunakan air panas bertujuan agar bahan bisa tercampur dengan baik).
  2. Siapkan tungku yang sudah terisi air yang sudah mendidih dan kukus adonan yang telah anda aduk sebelumnya.
  3. Gunakan  api sedang untuk mengukus adonan selama -/+ 30 menit, sampai terlihat perubahan warna yang agak memerah atau kecoklatan.
  4. Angkat kemudian cetak adonan dengan blender daging ketika masih hangat.
  5. Oven atau bisa juga dengan cara dijemur di terik matahari sampai kering (usahakan benar – benar kering untuk menghidari tumbuhnya jamur pada pelet nantinya)
  6. Setelah pelet sudah jadi, bisa langsung berikan pada kelinci
 *Catatan : Adonan tidak harus berkomposisi persis seperti diatas, yang terpenting adalah kandungan nutrisi harus tercakup semuanya meski komposisi sedikit berbeda. Bisa ditambahkan rumput yang sudah di cincang sangat halus. 

Itulah Panduan simple membuat pelet sendiri untuk kelinci dengan mudah dan tentunya tidak kalah dengan pelet – pelet yang dijual di petshop atau toko peternakan. Dan jika ingin membuat pelet yang lebih baik bisa anda tambah dengan bahan – bahan yang penuh gizi yang baik untuk kelinci. Semoga artikel ini bermanfaat buat para peternak agar dapat mengurangi beban mencari rumput disaat kemarau datang dan terutama dapat menekan biaya pengeluaran pakan kelinci agar pendapatan makin besar untuk keluarga. Silahkan copas artikel ini atau share pada yang lain namun jangan lupa cantumkan sumber sebagai rasa terimakasih anda. Ingat hargai jerih payah orang lain maka insya Allah anda akan dihargai oleh orang lain juga. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih.

0 Response to "Panduan simple membuat pelet sendiri untuk kelinci "

Posting Komentar